1. Siswa membaca komik saat KBM berlangsung
a. Kemungkinan penyebab
• Siswa tidak suka pada pelajaran
• Siswa tidak suka dengan guru yang sedang mengajar
• Siswa tidak mood mengikuti pelajaran
• Siswa merasa bosan dengan pelajaran
• Suasana KBM terlalu santai
• Guru hanya duduk di depan
• Guru tidak pernah menegur siswa yang membaca komik
• Siswa merasa sudah bisa
b. Alternatif solusi
• Guru membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran dulu
• Guru membuat siswa suka pada guru dulu
• Guru membangkitkan semangat siswa dulu
• Guru menciptakan variasi pembelajaran dengan permainan, metode yang menarik dan diselingi humor – humor yang menyenangkan
• Guru sebaiknya memperluas kesempatan belajar bagi siswa
• Guru perlu berjalan keliling kelas agar siswa merasa dipantau
• Guru memegur siswa yang tidak fokus pada pelajaran
• Guru menyuruh siswa yang sudah paham untuk mengerjakan soal di depan
2. Siswa tidur di kelas saat KBM berjalan
a. Kemungkinan penyebab
• Siswa tidak suka pada pelajaran
• Siswa mengantuk
• Siswa tidak suka pada guru yang sedang mengajar
• Siswa bosan dengan pelajaran
• KBM monoton
• KBM tidak menarik
• Siswa kekenyangan
• Siswa sakit amandel
• Siswa begadang semalaman
• Suara guru terlalu merdu
b. Alternatif solusi
• Guru membuat siswa suka pada pelajaran dulu
• Guru menyuruh siswa cuci muka
• Guru tampil semenarik mungkin di kelas
• Guru mengajar dengan teknik yang menarik
• Guru menciptakan variasi dalam mengajar
• KBM dibuat semenarik mungkin, dengan diselingi games, songs, or videos
• Guru memberi tugas pada siswa uuntuk mengerjakan soal di depan atau membaca keras text bahasa inggris di depan
• Siswa disuruh kedepan untuk mempraktekan dialog agar tidak mengantuk
• Guru menyuruh siswa yang mengantuk utuk menyayi di depan, lagu bahasa Inggris
• Guru membatasi waktu bicaranya,agar siswa bisa lebih aktif.
3. Siswa diam ketika diberi pertanyaan oleh guru
a. Kemungkinan penyebab
• Siswa tidak tahu jawaban pertanyaan guru
• Siswa takut jawabannya salah
• Siswa tidak percaya diri menjawab dengan bahasa Inggris
• Siswa takut dikatakan sok pintar
b. Alternatif solusi
• Guru memberi waktu bagi siswa untuk berfikir atau mencari jawaban di buku
• Guru menekankan bahwa jawaban benar atau salah tidak masalah
• Guru memberi tahu bahwa menjawab pertanyaan adalah salah satu kesempatan untuk berlatih berbicara dengan bahasa Inggris
• Guru memberi pertanyaan pada tiap siswa agar tidak terkesan ada yang sok pintar atau sok tahu
4. Siswa tidak pernah bertanya saat diberi kesempatan bertanya
a. Kemungkinan penyebab
• Siswa takut dikira bodoh
• Siswa tidak tau apa yang mau ditanyakan
• Siswa takut dikatakan sok aktif
b. Alternatif solusi
• Guru menekankan bahwa siapapun yang tidak paham harus bertanya
• Guru memancing siswa dengan memberi soal agar ketahuan apakah siswa benar – benar sudah paham atau belum
• Guru memberi kesempatan pada beberapa siswa untuk bertanya, misalnya 3 siswa atau 4 siswa berurutan
5. Siswa tidak mengerjakan tugas rumah mereka
a. Kemungkinan penyebab
• Siswa malas
• Petunjuk pengerjaan tugas kurang jelas
• Siswa tidak bisa mengerjakan
• Kurang motivasi belajar
b. Alternatif solusi
• Siswa yang tidak mengerjakan tugas harus mengulang mengerjakan 5 x agar jera dan lebih rajin
• Guru memastikan bahwa petunjuk pengerjaan soal jelas.
• Siswa diminta bertanya cara mengerjakan soal pada teman
• Guru memberi hadiah bagi siswa yang pekerjaanya benar semua
6. Siswa berbicara sendiri saat guru menjelaskan materi
a. Kemungkinan penyebab
• Guru menjelaskan secara monoton
• Pelajaran kurang menarik bagi siswa
• Guru tidak disukai siswa
• Siswa merasa sudah menguasai materi
• Siswa takut pada teman jika tidak ikut ngobrol
b. Alternatif solusi
• Guru menjelasakan dengan berbagai metode (ceramah, contoh nyata, atau mengambil rekaman dari internet)
• Guru memberitahu pentingnya pelajaran tersebut bagi kehidupan siswa dimasa yang akan datang
• Guru mengajar semenarik mungkin
• Guru memanfaatkan siswa yang sudah bisa untuk menjelaskan pada teman- temannya di depan kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar